Home / Headline / Istimewanya Kembar Siam Gunungkidul, Jogjakarta, Mereka Kini Berumur Empat Bulan!
Merenda Istimewanya Jogja
Siam adalah sebutan lama bagi Thailand. Chang dan Eng (abad 19) adalah kembar Siam pertama yang lalu menjadi warga negara Amerika, menikah dengan dua perempuan Amerika serta memiliki 11 anak (Istimewa)

Istimewanya Kembar Siam Gunungkidul, Jogjakarta, Mereka Kini Berumur Empat Bulan!

Gunungkidul, Jogjakarta, Aquilajogja.com – Kasus kembar siam seperti di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta, bukanlah peristiwa supranatural, tetapi kondisi medis yang bisa terjadi karena sejumlah faktor.

Adalah pasangan Ari Sahyana (28) dan Eka Handayani (27), tinggal di Dusun Pabregan, Sumberejo, Semin, yang dikarunia sepasang anak yang diberi nama Meisya dan Meikha.

Dua anak manusia yang kini telah berusia empat bulan itu dilahirkan dengan kondisi dempet dari dada sampai kaki. Selain itu, keduanya berbagi usus besar, namun organ-organ lainnya normal.

(Baca juga: Sumbing yang Dianggap Kutukan Rupanya Kondisi Medis yang Ditanggung BPJS)

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawaty, tumbuh kembang kembar siam Gunungkidul sejauh ini tak mengalami hambatan berarti. Hal ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan Puskesmas Semin II, Gunungkidul, yang bertugas melakukan pemantauan berkala.

Fenomena kembar siam biasanya terjadi ketika embrio awal memisahkan secara parsial untuk membentuk dua individu. Dempet biasanya terjadi di bagian dada, panggul, atau bokong.

Merenda Istimewanya Jogja
Ads by Rose Olshop, hubungi WA 0813-5502-9027

Kembar siam umumnya meninggal di dalam kandungan atau meninggal tak berapa lama setelah lahir. Artinya, kembar siam Gunungkidul sebenarnya sepasang manusia istimewa karena telah melampaui 4 bulan pertama dalam kehidupan mereka yang kiranya masih jauh ke depan!

(Baca juga: Autisme Membawa Berkah: Menjadi Orangtua Istimewa bagi Anak Istimewa)

Berkaitan dengan apakah akan dilakukan operasi pemisahan atau tidak sepenuhnya dalam wewenang tim medis Rumah Sakit Sardjito. Meisya dan Meikha memang lahir di RSUP Dr Sardjito Sleman, 14 Mei 2018, lewat operasi caesar.

Apabila diputuskan operasi, sejumlah dokter spesialis akan terlibat dalam tim medis, seperti ahli neonatologi, dokter anak, dokter rawat kritis, ahli bedah anak, dan dokter kandungan. Sementara itu, berhasil tidaknya tindakan operasi turut dipengaruhi di mana terjadi dempet dan organ apa yang dipergunakan bersama.

Pihak keluarga tentunya menginginkan cinta terbaik bagi anak-anak terkasih. Harapannya agar dilakukan operasi pemisahan sehingga keduanya bisa hidup normal.

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkisah atau berdonasi, klik di sini

About Admin

Admin
‘Kodok melihat dari bawah, manusia memandang dari daratan, mata Aquila (Rajawali) mengamati dari angkasa. Aquila memberi pelatihan/konsultasi berbasis menulis, creative thinking, terapi klinis, SDM dan coaching. Sila WA 082135424879.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean