Home / Headline / Zumba Massal Prayon di Ulang Tahun PT Timah, Tubuh Perempuan Anugerah Teristimewa
Merenda Istimewanya Jogja
Ibu-ibu zumba Tangjungbalai berfoto di Pelabuhan Prayon Kundur (Dok. pribadi)

Zumba Massal Prayon di Ulang Tahun PT Timah, Tubuh Perempuan Anugerah Teristimewa

Triyani & Rudy Ronald Sianturi

Prayon Kundur, Tangjungbalai Aquilajogja.com – Ibarat kelapa, semakin tua semakin bersantan. Ibarat bunga jayawijaya, semakin malam semakin mekar berseri.

Peribahasa pertama sering dipakai untuk menggambarkan kematangan seseorang, yaitu bahwa tambah usia seharusnya tambah dewasa. Aku mau menambahkan peribahasa kedua, semakin tua secara biologis justru semakin muda atau energik dalam penampilan.

Aku punya komunitas zumba ibu-ibu di Tangjungbalai, Pulau Karimun, sekitar 50 menit dari Pulau Batam. Sebuah perkumpulan perempuan yang umumnya sudah berkeluarga, namun dengan visi besar. Tentu saja kami mulai secara lokal, menjangkau orang-orang terdekat seperti handai taulan dan tetangga. Kami ingin memasyarakatkan gaya hidup sehat.

Merenda Istimewanya Jogja
Pesta Rakyat dalam rangka ulang tahun PT Timah yang ke-42, Pulau Prayon Kundur (dok. pribadi)

(Baca juga: Gagalnya Serangan ‘Frontal’ Perawat RS Panti Rapih Jogjakarta terhadap Anak Kesayangannya)

Zumba adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Geraknya sangat dinamis dan ‘membakar’ lemak. Dilakukan berkelompok akan menimbulkan keriangan dan senyum di wajah. Keringat yang mengucur deras sangat menyegarkan. Tubuh kaku menjadi rileks dan lincah.

Zumba membuat mata melihat dunia dengan optimisme, dan kaki melangkah dengan ringan. Ini sesuai dengan nama sanggar kami: Syantik Slim Gym.

Ringan bukan basa-basi, kami benar-benar ingin membawa zumba ke masyarakat. Tanggal 25 Agustus 2018, aku dan teman-teman sanggar zumba kembali melangkah ringan. Kali ini bepergian ke Pulau Prayon Kundur dalam rangka ulang tahun PT. Timah yang ke-42, perusahaan negara yang telah berkontribusi besar bagi Indonesia.

Video: Azis Maulana

Semangat dan antusiasme kami membuncah membayangkan melakukan zumba massal, apalagi banyak artis di sana. Malam sebelumnya seakan tak bisa tidur tenang karena kan harus bangun pagi demi tugas-tugas rumah tangga. Aku masak dulu serta membereskan rumah sebelum berangkat. Jam 5 WIB harus sudah di pelabuhan ferry karena kapal akan berangkat jam 5.20 WIB. Setelah sholat, aku bergegas. Para sahabat sudah menunggu di pelabuhan.

Perjalanan antara Balai dan Prayon Kundur makan waktu sekitar 20 menit. Pelabuhan ramai dengan orang-orang yang datang. Mobil PT Timah sudah menunggu rombongan Tangjungbalai. Benar-benar pesta rakyat!

Acara berlangsung lancar dan meriah. Masyarakat berbondong-bondong ambil bagian. Artis-artis begitu menghibur, timbunan door prize menimbulkan sukacita.

Merenda Istimewanya Jogja
Instruktur Zumba “Syantik Slim Gym” (dok. pribadi)

Sambil berfoto-foto, pikiranku merenda pengalaman hari itu. Kematangan sosial memang bagian tak terpisahkan dari perjalanan spiritual seseorang.

Aku coba refleksikan lebih dalam. Perempuan-perempuan bergoyang menikmati tubuhnya sebagai anugerah ilahi teristimewa, termulia, yang patut dijaga, dicintai dan ‘dimanjakan’. Tak perlu heran, biarpun anak-anak sudah besar, mereka tetap tampil segar dan bersemangat.

Merenda Istimewanya Jogja
Instruktur Zumba Batam yang turut meramaikan acara (dok. pribadi)

Zumba bukan hanya goyang berkeringat supaya bertubuh sehat, timbul kesadaran baru. Ia adalah bersatunya pikiran-tubuh-spirit. Untuk mencapainya dibutuhkan disiplin dan komitmen. Dalam proses ini, kami belajar melihat kesulitan hidup dengan mata berbinar, bahwa kesulitan adalah wajar dan bisa diatasi.

Dan ibarat bulir padi, semakin berisi semakin merunduk.

Selamat ulang tahun bagi PT Timah!

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkisah atau berdonasi, klik di sini

About Triyani

Triyani
IRT Pebisnis Kuliner - Suka Traveling, Masak dan Sport (Aerobic, Zumba dan Yoga) - Tanjung Balai Karimun **Aquila memberi pelatihan/konsultasi berbasis menulis, creative thinking, terapi klinis, SDM dan coaching. Sila WA 082135424879.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean