Home / Terbaru / Sehabis Blusukan ke Desa Sendangtirto, Sleman, Jokowi Mengaku Puas di Jogjakarta
Merenda Istimewanya Jogja
Jokowi "blusukan" ke Desa Sendangtirto, Sleman, Jogjakarta (Sekretariat Presiden)

Sehabis Blusukan ke Desa Sendangtirto, Sleman, Jokowi Mengaku Puas di Jogjakarta

Sleman, Jogjakarta, Aquilajogja.com – Namaku Jokowi, hobiku “blusukan”, sebab tugasku memastikan setiap kebijakan dimengerti, berjalan lancar dan memuaskan.

Bukan Presiden bila alpa “ngacir” dari acara yang sudah disusun seperti yang kembali ia lakukan di sela-sela kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Bersama dengan rombongan beliau meninjau pemanfaatan dana desa ke Desa Sendangtirto, Sleman (29/08/ 2018).

“Saya ingin mengontrol saja lancar atau tidak dan sulit tidaknya pertangungjawabannya. Itu saja,” ucapnya kepada wartawan.

Warga Sendangtirto sedang membangun saluran irigasi dari Bendung Klontongan sepanjang 350 meter untuk mengairi sawah-sawah dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2018 sebesar Rp192.414.000.

Tanpa canggung melangkah di antara gerombol bambu dan di atas bebatuan, Jokowi mengaku puas dengan implementasi dana desa di lapangan. “Kegiatan pembangunan irigasi di sini saya kira juga sangat baik, dikerjakan sendiri oleh warga,” katanya selepas peninjauan.

Merenda Istimewanya Jogja

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Negara ingin memastikan langsung kepada pemerintah daerah setempat terkait dengan proses pertanggungjawaban penggunaan anggaran dana desa yang berjalan sebagaimana mestinya.

“Kemudian saya tadi, saya cek juga ke Pak Kepala Desa, ke Pak Bupati, Pak Gubernur mengenai cairnya dana desa. Sudah berapa kali, dan Januari kemudian bulan Juli yang kedua sudah,” ungkapnya.

Saat meninjau proyek tersebut, Kepala Negara menginginkan agar saluran irigasi yang sedang dibangun warga tersebut untuk diperpanjang hingga mencukupi kebutuhan warga setempat. Ia berharap pembangunan infrastruktur tersebut untuk segera dirampungkan agar pemerintah dapat beralih ke tahapan selanjutnya.

Merenda Istimewanya Jogja

Hal terbaik dari blusukan adalah mengomunikasikan visi pemerintah langsung kepada masyarakat, apalagi menyangkut hal-hal paling mendasar dalam pembangunan infrastruktur ekonomi.

“Pengembangan ekonomi di desa lebih dibesarkan kalau nanti infrastruktur berupa jalan, irigasi, embung, juga yang diperlukan (selesai). Banyak sekali sebetulnya yang sudah berpuluh tahun tidak pernah diselesaikan. Persoalan kecil tapi sangat fundamental di sebuah desa. Penting untuk menaikkan produktivitas yang ada di desa,” kata Presiden.

Untuk diketahui, mengutip laman resmi Desa Sendangtirto, selain pembangunan saluran irigasi, di desa tersebut terdapat beberapa program pembangunan yang pengerjaannya telah selesai dengan seratus persen didanai oleh dana desa.

Sejumlah proyek tersebut ialah pengerjaan jalan di Dusun Jetak sepanjang 126 meter, Dusun Gandu sepanjang 180 meter, Dusun Kadipolo sepanjang 112 meter, Dusun Tampungan-Gamelan sepanjang 185 meter, dan pembangunan talud irigasi Sembung-Minggiran sepanjang kurang lebih 270 meter.

Sebuah blusukan telah dilaksanakan di Sleman, Jogjakarta. Hasilnya memuaskan!

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkisah atau berdonasi, klik di sini

About Admin

Admin
‘Kodok melihat dari bawah, manusia memandang dari daratan, mata Aquila (Rajawali) mengamati dari angkasa. Aquila memberi pelatihan/konsultasi berbasis menulis, creative thinking, terapi klinis, SDM dan coaching. Sila WA 082135424879.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean