Home / Pendidikan dan Kampus / Letda Daniel Basik-Basik Asal Merauke Siap Menjadi Elite Komando Denjaka
Merenda Istimewanya Jogja
Letda (Mar) Daniel memeluk bahagia orangtuanya, Wilhelmus Basik-Basik, orangtua petani yang berpikir besar (Sekretariat Presiden)

Letda Daniel Basik-Basik Asal Merauke Siap Menjadi Elite Komando Denjaka

Jakarta, Aquilajogja.com – Seringkali nun di kedalaman bawah sadar tertanam keyakinan negatif akan ketidakberdayaan. Tidak perlu heran bila sebagian orang akan meragukan apa yang bisa diperbuat orangtua yang petani?

Wilhelmus Basik-Basik, petani yang sehari-hari menggarap sawah di Desa Sersang Merauke, Papua, memelihara keyakinan yang sebaliknya. Dalam pengakuannya, beliau selalu mendoakan keberhasilan anaknya yang menempuh pendidikan berat sebagai marinir selama 4 tahun di Surabaya.

Hari ini (19/07/2018), Presiden Joko Widodo melantik 724 perwira, terdiri atas 225 dari Akademi Militer (Akmil), 102 dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 119 dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 278 dari Akademi Kepolisian (Akpol). Pemuda asal Merauke, Letda (Mar) Daniel Robert Basik-Basik, putra terkasih Wilhelmus, turut dilantik sebagai perwira Akademi Angkatan Laut

Orangtua petani, ternyata banyak yang bisa dicapai seseorang yang menanamkan keyakinan positif dalam imannya pada Allah. Dia berhasil menghantarkan anaknya sebagai perwira muda, sebuah prestasi luar biasa yang bisa dicapai kebanyakan orang.

“Bapa sangat bangga, bapa selalu berdoa di rumah untuk kelulusan Daniel,” kata Wilhelmus yang turut menghadiri pelantikan  perwira remaja TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta

(Baca juga: From Zero to Hero, Bona yang Dulu Mengejar Jokowi Kini Nguli di Lingkungan Istana)

Presiden yang bertindak sebagai inspektur upacara memberikan ucapan selamat kepada seluruh perwira yang baru saja ia lantik.

“Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri,” ujarnya.

Kepala Negara mengatakan, pelantikan para perwira ini bukanlah tujuan akhir yang telah dicapai oleh mereka. Hari ini justru menjadi sebuah permulaan bagi perjalanan dan pengabdian mereka untuk negara.

“Menjadi perwira TNI dan Polri adalah membuka ladang pengabdian yang membanggakan. Pengabdian untuk ideologi negara kita, Pancasila. Untuk NKRI, konstitusi, Bhinneka Tunggal Ika, serta untuk Indonesia maju yang semakin jaya,” tuturnya.

Merenda Istimewanya Jogja
Letda (Mar) Daniel Robert Basik-Basik bersama ayahnya di Istana Negara (Foto: Antara)

Di penghujung amanat, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para perwira untuk selalu berterima kasih atas anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, atas cinta dan pengorbanan orang tua, dan atas dedikasi yang diberikan oleh para pendidik selama masa pendidikan.

(Baca juga: Jayapura-Serui, Kupatri Kenangan Terindahmu di Geladak KM. Dobonsolo)

“Selamat bertugas para patriot muda Indonesia. Jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI-Polri. Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya, Indonesia menunggu darma baktimu,” tandasnya.

Kembali kita harus bertanya, apa yang bisa dicapai orangtua petani dari Merauke? Rupanya belum selesai, sebab sebuah keyakinan positif selalu melahirkan pikiran-pikiran positif lainnya. Demikianlah hukum semesta!

(Baca juga: Dosen UKSW Salatiga Menemukan Sebotol Air Kehidupan)

Daniel akan melanjutkan pelatihan komando marinir selama 3 bulan sebelum menjabat komandan batalion di daerah yang akan ditentukan berikutnya.

Ada cita-cita besar yang telah ditanamkannya ke dalam benaknya sejak awal memasuki pelatihan keras di Surabaya. Dia ingin bergabung dengan pasukan Taifib (Intai Amfibi). Dan di puncaknya, dia menetapkan tujuan final hendak masuk tim elite Denjaka (Detasemen Jala Mengkara)!

Denjaka bukan satuan sembarangan, namun gabungan antara personel Kopaska (Komando Pasukan Katak) dan Taifib Korps Marinir TNI-AL. Mereka menjalani gemblengan super keras di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan dan harus menyelesaikan suatu pendidikan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut).

Denjaka itu komando elit di antara para anggota-anggota satuan elit angkatan laut, hanya bagi yang paling bernyali!

Cita-cita yang sangat tinggi ini telah dimulai dengan kelulusan Daniel oleh pengorbanan dan doa restu orangtua petani Wilhelmus. Langkah kedua dalam pencapaian hidupnya akan segera dimulai.

Keyakinan positif yang dikuatkan berulang-ulang pasti melahirkan semangat di puncak harapan.

Co-Writer & Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkisah atau berdonasi, klik di sini

About Rudy Ronald Sianturi M.Hum.

Rudy Ronald Sianturi M.Hum.
Owner & PEMRED Aquilajogja.com - Univ. Sanata Dharma, Yogyakarta - Asia Research Institute, National University of Singapore - Doctoral Courses De La Salle Univ., Filipina - Memberi pelatihan/konsultasi berbasis SDM, coaching, terapi klinis dan menulis (WA: 082135424879)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean