Home / Pariwisata dan Lingkungan Hidup / Seberkas Cahaya Surgawi di Gua Jomblang Gunungkidul, Jogjakarta
Merenda Istimewanya Jogja
Salah satu foto yang bisa bikin baper (IG neuru_couple)

Seberkas Cahaya Surgawi di Gua Jomblang Gunungkidul, Jogjakarta

Gunungkidul, Jogjakarta, Aquilajogja.com – Jogjakarta tidak hanya Malioboro, Keraton, Dagadu atau Bakpia Pathuk. Sebagai destinasi wisata papan atas, kota pelajar ini menawarkan ribuan cara untuk menikmati libur, hobi, cuci mata atau petualangan kamu. Dan salah satunya adalah tersiram ‘cahaya surgawi’.

Bayangkan berdiri menatap ke langit, dan tersihir panah-panah cahaya putih yang menerobos masuk dengan lembut.

Gudungkidul, salah satu kabupaten di Provinsi DIY, menawarkan pengalaman unik saat menelusuri keindahan gua-gua karst (gamping) hasil bentukan proses geologis. Ada sekitar 700 gua, bak jejaring spons berpori yang menyerap air di musim penghujan. Setiap 5 tahun sekali biasanya terjadi banjir yang akan surut sendiri setelah curah hujan menurun.

Salah satu goa yang sangat terkenal di kalangan petualang Nusantara adalah Goa Jomblang. Berbeda dari kebanyakan gua umumnya, gua ini justru berbentuk vertikal dan terletak di bawah tanah.

Untuk menikmati fenomena alam yang sulit dicari bandingannya ini, kamu wajib dilengkapi dengan alat-alat keselamatan yang disediakan operator lokal. Ada 3-4 orang dewasa yang akan membantu mengkerek kamu turun ke dasar gua dengan tali setinggi 60 meter . Sebuah pengalaman tak terlupakan, belum lagi adanya rerimbunan tumbuhan dan perdu yang memenuhi dinding kapur.

Seberkas Sinar by Bike Ardilla (Video: Ismail Zainal Abidin)

Begitu mencapai dasar, silahkan hening dan menghela nafas panjang, kala matahari tepat berada di mulut gua. Cahaya putih terang bak cahaya surgawi bakal membungkusmu dengan lembut.

Ada pengalaman tak terdefinisikan secara tuntas dengan kata-kata biasa. Barangkali kamu termangu, sebuah momen yang menimbulkan tanya tentang hal terpenting dalam hidupmu. Ia dibawa pulang dan bakal membekas seumur hidup. Mungkin itulah mengapa mereka yang pernah turun dengan seutas tali di sana biasanya menceritakan istimewanya Jogja secara berbeda.

Goa Jomblang bukan hanya menawarkan keindahan alam, tetapi terlebih petualangan mendebarkan, penampakan vegetasi hutan purba dan ornamen goa serta tersentuhnya dimensi spiritual seseorang. Sungguh layak bila penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017 jatuh padanya.

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Bagi kisah liburanmu, klik di sini ya

About Admin

Admin
‘Kodok melihat dari bawah, manusia memandang dari daratan, mata Aquila (Rajawali) mengamati dari angkasa. Aquila memberi pelatihan/konsultasi berbasis menulis, creative thinking, terapi klinis, SDM dan coaching. Sila WA 082135424879.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean