Home / Foto & Video Nusantara / Anak Kupang Main Pasir di Pantai Tambakrejo, Blitar
Merenda Istimewanya Jogja
Pantai Tambakrejo, kususuri bentangan pasir lembutnya di sela deburan ombak dari laut membiru (dok. pribadi)

Anak Kupang Main Pasir di Pantai Tambakrejo, Blitar

Oleh: Ragil Putri Dyah Ardi Ningtia

Blitar, Jawa Timur, Aquilajogja.comKamu berada di mana?

Bung Karno menggelegar di benak kala mendengar kata Blitar. Kota di Jawa Timur ini memang menjadi tuan rumah bagi museum presiden pertama RI. Namun, tahukah Anda tempat wisata lainnya yang juga patut dilirik?

Ibarat kolektor, Blitar patut berbangga hati karena memiliki sejumlah pantai yang memesona hati.

Saya berada di salah satunya, yaitu Pantai Tambakrejo yang berjarak sekitar 4 jam dari Jombang, Jawa Timur. Sehabis dari Kampung Coklat dan Air Terjun Tirto Galuh, sore harinya saya habiskan dengan menikmati pasir lembut dan deburan ombak laut biru di bibir pantai yang dipeluk bebukitan karang menghijau.

Pantai nan eksotis ini menyimpan keindahan yang menawan dan juga menyimpan aura mistis seperti pantai-pantai lain yang berada di perairan laut selatan. Bentuknya seperti teluk dengan panjang garis pantainya kurang lebih 10 kilometer.

Bagi kamu yang hobi bermain pasir, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi. Kamu bisa sepuasnya menyalurkan bakat kamu membuat istana pasir. Bila hendak bermalam, kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai.

Apa pendapatmu tentang Istimewanya Jogja?

Saya pernah berkunjung ke Candi Prambanan dekat Kota Jogja, salah satu candi yang termegah di Asia Tenggara, bersama rombongan Madrasah Ibtidaiyah Made Kudu Jombang.

Karena tiba waktunya shalat dhuhur, kami tidak langsung masuk ke dalam. Kami mencari mushola terdekat tetapi rupanya tidak ada di sekitar parkiran bis.

Kuhampiri petugas loket yang sedang berjaga dan beliau menunjukkan lokasi musholanya yang berada di luar. Kamipun minta ijin keluar sebentar demi melaksanakan shalat.

Cukup lama kami berada di luar karena bergiliran melakukan shalat. Ada anak kecil bersama kami sehingga ia harus dijaga bergantian.

Usai shalat, kami kembali ke dalam kompleks Candi Prambanan. Petugas loket dengan ramahnya mempersilahkan. Hati lega telah menunaikan ibadah yang menjadi keharusan agama.

Saya pikir inilah salah satu keistimewaan Jogja: keramahan warganya!

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkontribusi atau pasang iklan, klik di sini ya

About Ragil Putri Dyah Ardi Ningtia

Ragil Putri Dyah Ardi Ningtia
Kelas XI SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kupang, NTT - Penghobi Bola Volly - Juara 1 Baca Puisi & Juara 3 Olimpiade Fisika antar Kabupaten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean