Home / Terbaru / Pesan Slank dari Jogjakarta: Pancasila Melawan ‘Iblis’ yang Menyesatkanmu!
Merenda Istimewanya Jogja
Slank memeriahkan Konser Indonesia Damai #Pancasila Rumah Kita, Jogja 2018 (Istimewa)

Pesan Slank dari Jogjakarta: Pancasila Melawan ‘Iblis’ yang Menyesatkanmu!

Oleh: Sigit Budi Harsono, S.Kom. & Rudy Ronald Sianturi, M.Hum.

Jogjakarta, Aquilajogja.com – Siapa yang tidak kenal Slank, musisi yang melegenda di Indonesia bahkan dunia. Siapa yang tidak tahu sepak terjang Slankers, barisan fans Slank yang merepresentasikan kekuatan sosial yang siap bergerak merespon isu-isu nasional sekalipun.

Slank dan Slankers bagai angkatan sipil dalam komando musikal yang siap membela kebenaran, keindahan dan keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia.

Hari ini, Jumat (01/06), Slank bakal menggebrak Indonesia dari Jogjakarta dalam konser istimewa Indonesia Damai #Pancasila Rumah Kita.

Merenda Istimewanya Jogja
Slankers, generasi muda fans setia Slank, memenuhi area kampus UGM Yogyakarta (Istimewa)

Hari ini, 73 tahun lalu di depan sidang BPUPKI, Soekarno mengucapkan pidato menggelegar, katanya:

“Maaf beribu maaf! Banyak anggota (BPUPKI) telah berpidato dan dalam pidato mereka itu diutarakan hal-hal yang sebenarnya bukan permintaan Paduka Tuan Ketua yang mulia, yaitu bukan dasarnya Indonesia merdeka,

“Arab Saudi merdeka, padahal 80 persen rakyatnya terdiri atas kaum badui yang sama sekali tak mengenal ini dan itu,

“Kalau balatentara Dai Nippon menyerahkan urusan negara, satu menit pun kita tidak akan menolak, sekarang pun menerima urusan itu. Sekarang pun kita mulai dengan Negara Indonesia yang merdeka. Di dalam Indonesia merdeka itulah kita memerdekaan rakyat,

Di dalam Indonesia merdeka itulah kita memerdekaan hatinya bangsa kita,

“Indonesia bukan hanya Jawa, bukan Sumatera saja, bukan Borneo saja, bukan Selebes (Sulawesi) saja atau Ambon saja, atau Maluku saja. Tapi segenap kepulauan yang ditunjuk oleh Allah SWT menjadi satu kesatuan antara dua benua dan dua samudera!”

Tanggal 1 Juni 1945, Soekarno membeber Pancasila sebagai dasar NKRI, dan sejak saat itu bagi bangsa Indonesia, Pancasila sudah final.

Maka memaknai momentum lahirnya Pancasila yang ke-73, Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada (PSP UGM) bekerja sama dengan SEKBER DIY (Sekretariat Bersama Daerah Istimewa Yogyakarta) dan beberapa lembaga lainnya akan menggelar konser Indonesia damai bertajuk ”Pancasila Rumah Kita”.

Merenda Istimewanya Jogja
Slank buka puasa bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X (Istimewa)

Konser  yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila Graha Sabha Pramana UGM Jogjakarta ini akan dimeriahkan group musik Slank, beberapa pentas budaya dan orasi kebangsaan oleh sejumlah tokoh, antara lain Sri Sultan Hamengku Buwono X, Prof. Ir. Panut Mulyono (Rektor UGM), Prof. Dr. Syafei Maarif, Prof. Dr. Mahfud MD dan beberapa kalangan mahasiswa.

Kemarin Slank mengadakan pawai menaiki andong dengan rute area Jl Malioboro menuju Keraton Jogjakarta. Rangkaian acara ini akan berakhir di Keraton Kilen dengan ramah tamah bersama Sri Sultan dan dilanjutkan buka bersama. Acara ini tertutup bagi masyarakat dan media.

Sosok band legendaris asal ibu kota yang digandrungi  ini diprediksi bakal mengundang animo masyarakat luas dari berbagai generasi terutama para remaja.

Merenda Istimewanya Jogja

Sebagai langkah atau upaya ideologisasi nilai-nilai luhur Pancasila, Slank yang aktif menjaga Indonesia dan kebhinekaan adalah pilihan tepat bagi masyarakat luas.

Menurut DR. Heri Santoso, Ketua Pusat Studi Pancasila, karya-karya Slank begitu realistis dan jujur untuk disampaikan bertepatan momentum peringatan hari lahir Pancasila.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Panitia Penyelenggara Widihasto Wasana Putra, bahwa kelompok musik Slank adalah media untuk mensinergikan gerakan lintas kalangan agar menjaga tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan waspada terhadap berbagai anasir jahat yang hendak menggerogotinya.

“Generasi muda adalah tameng utama untuk melawan ancaman kelompok radikal dan paham yang mengingkari konsensus nasional,” tegas Widihasto.

Slank bakal memuncaki rangkaian konser nanti malam, namun sebelumnya Sri Krishna feat Angger Banyu Segara akan membawakan tembang legendaris karya Almarhum Franky Sahilatua berjudul Pancasila Rumah Kita.

Konser Indonesia Damai  diharapkan dapat menyegarkan kembali tentang nilai-nilai luhur Pancasila dan mewujudkan kepedulian bersama agar tetap menjaga tegaknya NKRI. Prinsip inilah yang menjadi semangat untuk kerja keras dan tetap berjuang membangun generasi masa depan bangsa sekaligus menjadikan momentum apapun sebagai wadah perjuangan.

Mengadopsi penggalan Virus, Slank bagai menenun istimewanya Jogja dalam pesan menggelegar: Pancasila melawan setiap ‘iblis’ yang (bermaksud) menyesatkan generasi muda!

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin menulis, klik di sini ya

About Sigit Budi Harsono, S.Kom.

Sigit Budi Harsono, S.Kom.
Editor Aquilajogja.com - Penghobi Fotografi - Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean