Home / Headline / Kementerian PUPR Menyambung Dua Desa di Manggarai Barat, Flores
Merenda Istimewanya Jogja
Dua desa, satu sungai, untuk kisah bersama berkat Judesa (Kementerian PUPR)

Kementerian PUPR Menyambung Dua Desa di Manggarai Barat, Flores

Oleh: Rudy Ronald Sianturi, M.Hum.

Labuan Bajo, NTT, Aquilajogja.com – Sungai sering berfungsi sebagai penanda alam yang memisahkan dua wilayah. Untuk Indonesia yang dianugerahi Tuhan ribuan suku dan sub suku, sungai bisa berarti pemisah antara dua komunitas yang berbeda baik bahasa maupun adat-istiadatnya.

Nusa Tenggara Barat dan Papua adalah dua provinsi yang paling mewajahkan istimewanya kebhinekaan Indonesia. Sekaligus, dua provinsi yang paling tertinggal dan sekarang mendapat perhatian ekstra dari pemerintah.

Sebuah kabar gembira datang dari Kecamatan Lembor, Kab. Manggarai Barat.

(Baca juga: Nona Roe Mengaku dari Ende, Inferior Kolektif Masyarakat Flores?)

Desa Siru dan Desa Wae Wako yang selama ini dipisahkan Sungai Wae Laci telah ‘disambung’ Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan selesainya pembangunan Jembatan Gantung berteknologi Judesa (Jembatan Untuk Desa), hasil inovasi Balitbang PUPR.

Lokasi jembatan sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Labuan Bajo dan memangkas jarak tempuh ke Ibukota Kecamatan dari 15 km menjadi 5 km. Dan tentu saja, memudahkan para pelajar menuju sekolah dan masyarakat dalam memasarkan hasil pertaniannya.

Merenda Istimewanya Jogja
Pengguntingan pita tanda resminya dua desa satu sungai ditenun bersama (Kementerian KUPR)

“Balitbang PUPR terus berinovasi mencari teknologi jembatan yang cepat, murah, dan bermanfaat. Biasanya jembatan gantung menggunakan dua tiang. Tapi ini asimetris atau hanya satu sisi tanpa mengurangi kualitasnya,” kata Kabalitbang Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga. usai serah terima pengelolaan Judesa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu 28 April 2018.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Judesa dilakukan oleh Kepala Satker Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Budiprastiyo Doelrachman dan Kepala Dinas PU Kabupaten Manggarai Barat Oktavianus Andi Bona. Selain itu dilakukan penandatanganan prasasti oleh Kabalitbang Kementerian PUPR Danis Sumadilaga dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula.

Jembatan sepanjang 62 meter serta lebar 1,8 meter ini menghabiskan biaya sebesar Rp 1,5 milyar yang berasal pada APBN tahun 2017.

Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga mengatakan bahwa teknologi Judesa dengan tehnik prefabrikasi ini sangat pas untuk diterapkan di kawasan terpencil karena fleksibel dan ekonomis.

Merenda Istimewanya Jogja
Sebuah jembatan mengekspresikan harapan bersama (kementerian PUPR)

Dengan sistem modular, pembangunan lebih mudah dan waktu pelaksanaan yang lebih singkat serta pelaksanaan pembangunannya dapat melibatkan masyarakat setempat.

“Pelibatan masyarakat mulai tahap perencanaan, pembangunan jalan akses, dan bangunan pelengkap,” katanya.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula mengaku senang dengan tersambungnya dua desa di wilayahnya.

Pembangunan Judesa merupakan realisasi Nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

(Baca juga: Surat Cinta Putra Batak Merauke yang Bekerja di Asmat untuk Pakde Jokowi)

“Karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya atas nama masyarakat Desa Siru dan Desa Wae Woka mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Presiden Jokowi melalui pihak kementerian dalam membantu memudahkan akses warga,” kata Bupati Agustinus Ch.

Turut hadir Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerepan Teknologi Rezeki Peranginangin, serta Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional.

Dua desa dan satu sungai kini adalah tenunan kisah bersama dari kemajemukan dua komunitas di Flores.

Punya kisah tentang desamu, klik di sini ya
LIKE Page Aquilajogja di sini ya

About Rudy Ronald Sianturi M.Hum.

Rudy Ronald Sianturi M.Hum.
Owner & PEMRED Aquilajogja.com - Univ. Sanata Dharma, Yogyakarta - Asia Research Institute, National University of Singapore - Doctoral Courses De La Salle Univ., Filipina - Memberi pelatihan/konsultasi berbasis SDM, coaching, terapi klinis dan menulis (WA: 082135424879)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean