Home / Headline / Final, Status Penghayat Kepercayaan Boleh Dicantumkan dalam KTP Elektronik
Merenda Istimewanya Jogja
Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden (Foto: Sekertariat Presiden)

Final, Status Penghayat Kepercayaan Boleh Dicantumkan dalam KTP Elektronik

Oleh: Rudy Ronald Sianturi, M.Hum.

Jakarta, Aquilajogja.com – “Putusan Mahkamah Konstitusi bahwa status penghayat kepercayaan boleh dicantumkan dalam KTP elektronik sifatnya sudah final. Oleh karenanya, pemerintah berkewajiban menjalankannya,” tegas Presiden Jokowi dalam rapat terbatas (04/04/2018) mengenai penataan administrasi kependudukan.

Untuk pelaksanaan teknisnya, Jokowi meminta Kementerian Dalam Negeri untuk mendengarkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan organisasi-organisasi keagamaan yang ada.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo memberi tekanan khusus pada pelayanan yang cepat. Beliau mengatakan hal ini sifatnya urgen karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Bagi rakyat, kepemilikan KTP dan Kartu Keluarga sangat dibutuhkan karena digunakan sebagai syarat dalam mengakses setiap pelayanan publik lainnya seperti pemasangan listrik, membuka rekening di bank, pelayanan catatan sipil, mengurus paspor, dan lainnya,” tandas Presiden.

Merenda Istimewanya Jogja
Suasana rapat terbatas, tampak Kapolri Tito Karnavian (Foto: Sekertariat Presiden)

Jajaran terkait diinstruksikan untuk melakukan percepatan pelayanan KTP elektronik kepada setiap warga negara.

Salah satu alternatif solusi adalah agar Menteri Dalam Negeri mengatur mengenai batas maksimal waktu penyelesaian KTP elektronik.

“Mungkin dibuat Permendagri yang langsung dibatasi waktu selesainya berapa hari atau jam. Saya kira kalau ada peraturan menterinya pelayanan e-KTP akan lebih cepat,” tutur Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta.

Jokowi juga menyinggung soal perekaman identitas tunggal. Ia meminta agar sistem identitas tunggal tersebut dapat segera diwujudkan dan ditopang dengan sistem informasi yang terintegrasi sehingga dapat mengurangi permasalahan di bidang data kependudukan.

Ingin berkontribusi atau pasang iklan, klik di sini ya

About Rudy Ronald Sianturi M.Hum.

Rudy Ronald Sianturi M.Hum.
Owner & PEMRED Aquilajogja.com - Univ. Sanata Dharma, Yogyakarta - Asia Research Institute, National University of Singapore - Doctoral Courses De La Salle Univ., Filipina - Memberi pelatihan/konsultasi berbasis SDM, coaching, terapi klinis dan menulis (WA: 082135424879)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean