Home / Headline / No Hoax! 7 Alasan Mengapa Kamu Akan Berbahagia Kalau Kuliah di Sanata Dharma Jogja
Merenda Istimewanya Jogja
Wajah ceria seorang wisudawati dan teman-temannya (Foto: Yohana Dwiastuti)

No Hoax! 7 Alasan Mengapa Kamu Akan Berbahagia Kalau Kuliah di Sanata Dharma Jogja

Oleh: DR. Bernardus Rukiyanto, S.J.

Jogjakarta, Aquilajogja.com – Bahagia itu pilihan, namun lingkungan di mana kamu berada turut menentukan tingkat kebahagiaanmu. Apalagi menyangkut kuliah, kamu harus teliti memilih di mana akan menghabiskan sekian tahun hidupmu, dengan siapa serta dalam kondisi bagaimana.

Hal pokok dalam belajar adalah kenyamanan yang kamu butuhkan untuk menggapai impian akademik kamu. Jangan pernah ada rasa takut, kuatir dan gelisah.

Merenda Istimewanya Jogja
Beringin Soekarno USD meraksasa dengan banyak anakan. Akan tetapi, justru di bawah beringin adalah momen favorit bagi tamu dan mahasiswa tanpa kuatir ‘colekan gendruwo’ karena komunitas USD pada dasarnya inklusif, cerdas, pro-sosial dan religius (Foto: Istimewa)

Setiap perguruan tinggi punyai ciri khas, begitupun Universitas Santa Dharma (USD), Jogja. Setiap lingkungan belajar punya kelebihannya masing-masing, begitupun kampus USD, yang menawarkan lingkungan biososial yang tanpa sekat, hijau, udaranya segar dan memungkinkan kamu bergaul lintas SARA dengan asyik.

Merenda Istimewanya Jogja
Kantin terbuka yang terhubung dengan lingkungan fisik hijau asri sehingga menimbulkan keakraban dan nafsu makan yang baik. Mahasiswa perlu makan yang banyak supaya belajarnya juga banyak (Foto: Istimewa)

Saya tidak berpretensi bahwa USD adalah kampus terbaik. Saya hanya mengatakan kalau USD memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa kamu nikmati. Satu yang sangat mendasar adalah lingkungan perpustakaan yang luas, sejuk, lengkap dan selalu bertambah koleksinya serta segar di mata.

Dan ketika kamu merasa betah di dalam lingkungan perpustakaan, kamu akan merasa nyaman belajar, bergaul dan menjalani hari-harimu. Otomatis, indeks kebahagian pasti terjaga bahkan membaik maksimal.

Merenda Istimewanya Jogja
Perpustakan USD yang lapang, sejuk dan nyaman (Foto: Istimewa)

Sekali lagi, ketika memilih sebuah kampus, kamu juga memilih bagaimana akan menghabiskan beberapa tahun terbaikmu di dalam satu lingkungan tertentu baik fisik, sosial maupun intelektual.

Salah satu cara mengukur dampak lingkungan biososial terhadap mahasiswa-mahasiswi USD adalah dengan memeriksa wajah-wajah mereka setelah belasan bahkan puluhan tahun sesudah kelulusannya.

Merenda Istimewanya Jogja
Wajah-wajah alumni PBI angkatan ’93, bertemu lagi setelah 20 tahun. Mereka tampak bahagia, akrab dan segar, bukti betapa lingkungan USD baik bagi kesehatan dan kebahagianmu (Foto: Istimewa)

Universitas Sanata Dharma memiliki banyak sekali aktivitas dan jaringan lokal, nasional maupun internasional. Setiap mahasiswa difasilitasi untuk mengembangkan hobi, minat dan bakatnya masing-masing.

Ada berbagai jurusan dan setiap jurusan telah menorehkan prestasi di berbagai perlombaan maupun karya pengabdian kemasyarakatan.

Merenda Istimewanya Jogja
Salah satu mahasiswi yang dahulu mengambil jurusan psikologi. Dia memang cerdas, cantik dan baik hati. Tetapi setelah lulus, ia menjadi lebih cerdas, cantik dan baik hati (foto: Istimewa)

Di balik semua itu, ada hal yang amat penting yaitu bahwa Unviersitas Sanata Dharma, Jogja, secara langsung menyatakan perang terhadap hoax dan anak cucu kepalsuan lainnya.

Kampus berakreditasi A dan merupakan PTS terbaik di Jogja sekaligus terbaik ke-3 nasional menurut Kemenristekdikti ini tidak main-main dengan hal ini. Menyandang nama yang berarti ‘kebaktian yang sebenarnya’, USD setia dengan visi sebagai PT humanis dengan bertumpu pada nilai-nilai Kristiani kemanusiaan dan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam sambutannya di acara Wisuda Sarjana dan Magister Periode II, 25 Maret 2018, bertempat di Auditorium Driyarkara, Rektor Sanata Dharma, Jogja, Drs. J. Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D., mengatakan di depan 800 wisudawan bahwa berita hoax harus dilawan segenap civitas akademik USD.

Merenda Istimewanya Jogja
Acara Wisuda Sarjana dan Magister Periode II, Auditorium Driyarkara, pastor-filsut yang banyak menjiwai Sanata Dharma, Jogja (dokumentasi pribadi)

Sejak didirikan, USD bertekad mendidik para civitas akademi menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat. Maka sekarang pun, setiap orang harus mampu menggali kebenaran yang unggul dan humanis.

Tercata ada 28 wisudawan terbaik dari masing-masing jurusan yang sebagian besar mencapai IPK di atas 3,75. Agustinus Herwanto (Magister Manajemen) adalah lulusan terbaik dengan IPK sempurna 4.

Banyak kegiatan seni budaya di kampus termasuk melibatkan musisi-musisi asing dari Jepang ini (dokumentasi pribadi)

Perlawanan sebagai bagian dari semangat kampus inilah yang membuat suasana belajar dan pergaulan menjadi renyah dan berfaedah. Baik dosen, mahasiswa dan staf lainnya selalu merasa difasilitasi untuk merasa nyaman dan berbahagia.

Universitas Sanata Dharma bersyukur boleh menjadi salah satu ikon yang merenda istimewanya Jogja.

Editor: Rudy Ronald Sianturi

Ingin berkontribusi dan pasang iklan, klik di sini ya

About DR. Bernardus Rukiyanto, S.J.

DR. Bernardus Rukiyanto, S.J.
Pastor & Dosen Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta - Gregorian University, Vatikan - Ateneo de Manila University, Filipina - Boston University, USA - Sanata Dharma, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chinese (Simplified)EnglishGermanIndonesianJapaneseKorean